Analysis of Price, Location, and Service Quality on Customer Satisfaction at Kenzie Barbershop in Medan City

Authors

  • Baihaqqi Aqil Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Ocdy Amelia Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.61132/epaperbisnis.v2i2.354

Keywords:

Customer Satisfaction, Kenzie Barbershop, Price Location, Service Quality

Abstract

The purpose of this article is to examine how customer happiness at Kenzie Barbershop in Medan is impacted by pricing, location, and service quality. 96 respondents (customers) made up the sample for the quantitative approval. The findings indicate that customer happiness is significantly positively impacted by service quality, with location and pricing coming in second and third. The results indicate that in order to boost client happiness, Kenzie Barbershop should give priority to enhancing service quality. In order to draw in and keep clients, the barbershop should also think about its advantageous location and affordable prices.At Kenzie Barbershop, pricing, location, and service quality all have a positive and considerable simultaneous impact on client satisfaction.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Arifin, N. A. Anisa, and P. Utomo, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan Ahass Daya Motor Surabaya,” Journal on Education, vol. 5, no. 3, pp. 9629–9636, 2023.

D. Abadi, A. Suddin, and E. Widajanti, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Mas Semar Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Moderasi,” Jurnal, vol. 12, no. 1, pp. 108–124, 2018.

M. A. Al Ridho and P. B. Mahargiono, “Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Fastfood Indonesia, Tbk (Studi Kasus KFC Cabang BG Junction Surabaya),” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), vol. 10, no. 6, 2022.

O. Amelia, “Analisis Kualitas Produk, Desain, Dan Karakteristik Terhadap Minat Beli Rumah Pada PT Sumut Citra Tiara Medan,” Jurnal Abdi Ilmu, pp. 8–21, 2021.

C. S. Barus and D. Silalahi, “Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sosmed Cafe Abdullah Lubis Medan,” Jurnal Manajemen dan Bisnis, pp. 1–15, 2021.

Faradiba and S. R. T. Astuti, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Warung Makan ‘Bebek Gendut’ Semarang),” Jurnal, vol. 2, pp. 1–10, 2013.

M. Indrasari, Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan, Surabaya: Unitomo Press, 2019.

M. G. Indrawan and D. L. Siregar, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Smartphone Samsung Di Kota Batam,” Jurnal Ekobistek, pp. 81–87, 2021.

H. D. Irawan, Prinsip Kepuasan Pelanggan, Jakarta: Elex Media, 2016.

Z. Khoirunnisa, H. A. Arisman, and T. Patimah, “Pengaruh Service Quality, Lokasi Dan Store Athmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Konsumen D’balong Coffe Kota Tasikmalaya),” Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), vol. 3, no. 4, pp. 275–288, 2024.

P. Kotler and K. L. Keller, Manajemen Pemasaran, 13th ed., B. Sabran, Trans., Jakarta: Erlangga, 2016.

P. Kotler, Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, 15th ed., vol. 2, New Jersey: Prentice-Hall, 2018.

Lupiyoadi, Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Jakarta: Salemba Empat, 2018.

Lupiyoadi, Manajemen Pemasaran Jasa, Ed. I, Jakarta: Salemba Empat, 2019.

N. C. Marati, “Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi ojek online (Studi pada konsumen gojek di Surabaya),” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), vol. 4, no. 3, 2016.

B. A. Mardika, M. Taufik, and N. Nawangsih, “Analisis Pengaruh Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan: (Studi Kasus pada Layanan Jasa Cuci Mobil dan Motor Hadi Shower di Kota Lumajang),” in Progress Conference, vol. 2, no. 1, pp. 391–398, Jul. 2019.

S. Moha and S. Loindong, “Analisis kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Yuta di kota Manado,” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol. 4, no. 1, 2016.

R. Oktavia and J. Fernos, “Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Padang,” Jurnal Economina, vol. 2, no. 4, pp. 993–1005, 2023.

D. K. Pradata, E. M. Ratnaningtyas, and R. P. A. Nurani, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Bengkel Mobil Eko Autocare di Sleman),” ARMADA: Jurnal Penelitian Multidisiplin, vol. 1, no. 3, pp. 148–162, 2023.

N. S. Ramadhini, “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan E-Commerce Shopee Pada Jasa Pengiriman Barang Sicepat Halu Di Jakarta,” Doctoral dissertation, STIE Jakarta, 2022.

A. D. Ratnasari and H. Harti, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Djawi Lanbistro Coffee and Resto Surabaya,” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), vol. 3, no. 3, pp. 1–11, 2016.

M. R. Rizqullah, “Pengaruh Lokasi Usaha Terhadap Kepuasan Konsumen di Berg Puntang Kabupaten Bandung,” Doctoral dissertation, FISIP UNPAS, 2024.

H. Saragih, “Studi Identifikasi Kepuasan Pelanggan pada PT. Lion Air di Bandara Internasional Kualanamu Medan,” Doctoral dissertation, Universitas Medan Area, 2017.

L. C. Sumartini and D. F. A. Tias, “Analisis kepuasan konsumen untuk meningkatkan volume penjualan kedai kopi kala senja,” Jurnal E-bis, vol. 3, no. 2, pp. 111–118, 2019.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alphabet, 2019.

F. Tjiptono, Service Quality & Satisfaction, Yogyakarta: Andi, 2016.

F. Tjiptono, Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan, Ed. 1, Yogyakarta: Andi, 2019.

Downloads

Published

2025-06-04

How to Cite

Baihaqqi Aqil, & Ocdy Amelia. (2025). Analysis of Price, Location, and Service Quality on Customer Satisfaction at Kenzie Barbershop in Medan City. EPaper Bisnis : International Journal of Entrepreneurship and Management , 2(2), 54–62. https://doi.org/10.61132/epaperbisnis.v2i2.354